Bupati Humbahas Rapat Penanganan Stunting di Puskesmas Paranginan

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE bersama petugas kesehatan dan elemen masyarakat lainnya rapat bersama terkait penanganan stunting di wilayah kerja UPT Puskesmas Paranginan, Kamis (22/6/2023).

topmetro.news – Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE bersama petugas kesehatan dan elemen masyarakat lainnya rapat bersama terkait penanganan stunting di wilayah kerja UPT Puskesmas Paranginan, Kamis (22/6/2023).

Bupati Dosmar Banjarnahor menjelaskan, untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Humbang Hasundutan secara khusus di Kecamatan Paranginan perlu ada kerjasama seluruh elemen masyarakat dan saling ada kerjasama yang baik.

“Semua harus terlibat, petugas puskesmas, bidan desa dan kepala desa, kepala sekolah, guru di sekolah para pegawai kantor camat serta keluarga objek stunting harus sependapat dan satu kata untuk menurunkan angka stunting secara bertahap. Masyarakat kita ada yang stunting dkarena ketidaktahuan masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya sosialisasi dari setiap bidan desa bekerjasama dengan kepala desa bagaimana pola hidup sehat,” katanya.

“Ada lima fase yang harus secara rutin diperiksa oleh bidan desa. Pertama remaja perempuan, kedua calon pengantin, ketiga ibu hamil. Keempat ibu melahirkan dan kelima si anak yang dilahirkan. Mulai sekarang, kita harus bekerja serius, kita harus peduli, ini tanggungjawab bersama. Petugas puskesmas dan bidan desa harus rutin melakukan pemeriksaan. Periksa, periksa lagi dan periksa kembali,” tegas Bupati.

Ia mengajak seluruh kepala desa, bahwa Dana Desa bisa untuk mengatasi stunting di desa masing-masing.

Pada kesempatan itu, petugas puskesmas, bidan desa, dan kepala desa, kepala sekolah, guru di sekolah, dan para pegawai kantor camat bersepakat serta berjanji akan bersama-sama dan bekerjasama untuk menurunkan angka stunting. Sehingga ke depan di Kecamatan Paranginan secara bertahap terbebas dari stunting.

Dalam rapat penanganan stunting itu, turut mendampingi Bupati Humbahas, Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing SSos MM. Juga ada Kadis Pendidikan Drs Jhony Gultom, Kadis Kominfo Batara Franz Siregar SE. Serta  Plt Kadis PMDP2A Drs Maradu Napitupulu MSi.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment